cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Media Akademika
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 28, No 4 (2013)" : 6 Documents clear
Kajian Pendidikan Islam dan Tantangan Globalisasi Maisah, Maisah
Media Akademika Vol 28, No 4 (2013)
Publisher : Media Akademika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Reformasi adalah suatu proses untuk meningkatkan, memperbaiki, mengubah pengetahuan, keterampilan dan sikap tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mencerdaskan kehidupan manusia melalui kegiatan bimbingan pengajaran dan pelatihan diantaranya ada sembilan perubahan pendidikan Islam untuk meningkatkan sumber daya manusia. Proses ini menunjukan adanya aktivitas dalam bentuk tindakan aktif di mana terjadi intraksi dinamis dan dilakukan secara sadar dalam usaha mencapaitujuan yang diinginkan.
Menakar Relevansi Ijma’ dalam Konteks Kekinian Harun, Hermanto
Media Akademika Vol 28, No 4 (2013)
Publisher : Media Akademika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dinamika masyarakat melahirkan berbagai hal baru yang bersinggungan dengan agama. Lahirnya Ijma’ adalah bagian dari tuntutan menjawab dinamika tersebut sekaligus menjadikan Islam selalu relevan dengan karakter kehidupan manusia secara khusus dan senantiasa senyawa dengan tabi’at alam secara umum. Tulisan ini mengelaborasi relasi antara ijma’ atau kesepakatan para ulama sebagai sumber hukum Islam dengan perkembangan masyarakat modern dewasa ini.
Politik Uang dalam Pemilihan Bupati Sarolangun 2011 dan Dampaknya terhadap Pendidikan Akhlakulkarimah pada Masyarakat Sarolangun Syarif, Maryadi
Media Akademika Vol 28, No 4 (2013)
Publisher : Media Akademika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian yang mendasari tulisan ini adalah praktek politik uang yang terjadi di Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi dalam peristiwa pemilihan kepala daerah tahun 2011 vis-à-vis pendidikan moral keagamaan atau akhlakulkarimah yang masih terus dikembangkan melalui institusi sosial keagamaan. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan penelitian partisipasi dan mewawancara beberapa pelaku yang terlibat dalam kontestasi pemilihan kepala daerah dilokasi penelitian tersebut. Hasil penelitian memperlihatkan semakin menguatnya degradasi akhlak masyarakat akibat praktek politik uang dalam pemilihan kepala daerah.
Membangun Otoritas Keilmuan: Analisis Distribusi Tugas Dosen ditinjau dari Perspektif Manajemen Pendidikan pada Fakultas Tarbiyah IAIN STS Jambi Luts, M. Natsir; Yusria, Yusria
Media Akademika Vol 28, No 4 (2013)
Publisher : Media Akademika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peneltian ini membahas tentang analisis pendistribusian tugas dosen ditinjau dari perspektif manajemen pendidikan pada fakultas tarbiyah IAIN STS Jambi. Dosen adalah tenaga pendidik yang berada pada perguruan tinggi. Tugas pokok seorang dosen adalah melaksanakan tri dharma perguruan yaitu melaksanakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Terkait dengan bidang keilmuan/keahlian dosen merupakan masalah krusial. Otoritas keilmuan dan kewenangan akademik merupakan dua hal yang sangat esensial dalam kehidupan perguruan tinggi. Sementara tuntutan menjadi professional untuk profesi dosen adalah suatu keniscayaan. Menjadi professional berarti menjadi ahli dalam bidangnya, seorang yang ahli tentu berkualitas, menjadi berkualitas bukanhanya masalah ahli, tetapi menyangkut integritas dan personalitas. Dalam perspektif manajemen pendidkan terkait pengembangan sumber daya manusia, menjadi professional adalah satu kesatuan konsep personality dan integritas yang dipadupadankan dengan skill yaitu keahlian. Adalah menjadi suatu keharusan dan tanggungjawab seorang dosen untuk memiliki otoritas atas keilmuan yang dimilikinya. Penelitian ini menggunakan disain penelitian deskriptif kualitatif, subjek penelitian adalah seluruh dosen fakultas tarbiyah IAIN STS Jambi, tehnik yang digunakan adalah purposive dan snowball sampling.
Garansi Kemurnian Ayat- Ayat Al Quran: Menilik Upaya Pemeliharaan Al Quran Pada Masa Nabi Dan Empat Sahabat Khulafa’ Al Rasyidin Badaruddin, Badaruddin
Media Akademika Vol 28, No 4 (2013)
Publisher : Media Akademika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas upaya para sahabat memelihara kemurnian ayat Al Quran; Di antaranya pada masa pemerintahan Abu Bakar terjadi perang saudara, antara orang Islam yang setia kepada Islam dan orang murtad karena merasa Nabi Muhammad sudah wafat, mereka menganggap Islam sudah tidak perlu lagi dan mereka enggan membayar zakat, sehingga orang-orang ini diberantas oleh Abu Bakar. Dalam perang ini banyak para penghafal Al Quran gugur menjadi syuhada’. Umar merasa khawatir jika perang terus berlanjut para penghafal Al Quran akan kurang, bahkan kemungkinan hilang, sehingga Umar bin Khattab mengusulkan kepada AbuBakar untuk membukukan Al Quran dan proses pembukuan selesai dilaksanakan. Pada masa Usman bin Affan terjadi perbedaan bacaan antara sesama ummat Islam yang satu mengklaim paling benar dan yang lain dianggap salah, sehingga timbul perpecahan, akhirnya Usman berinisiatif untuk menseragamkan tulisan dan bacaan Al Quran. Padamasa Ali, umat Islam non Arab sulit membaca Al Quran yang belum ada tanda baca, sehingga Ali memerintahkan Abul Aswad Al Duali dilanjtukan oleh Khalil untuk menciptakan tanda baca, sehinga memudahkan ummat Islam membaca AlQuran dengan benar dan asli seperti yang ada hingga hari ini.
Anarkisme Pendidikan, Kritik Pengelolaan Pendidikan Dewasa Ini Bawaihi, Bawaihi
Media Akademika Vol 28, No 4 (2013)
Publisher : Media Akademika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas anarkisme pendidikan, sebuah aliran ideologi pendidikan yang membela penghapusan semua pembatasan atau kekangan terhadap manusia sebagai cara meningkatkan potensinya. Meskipun tidak menjadi gerakan yang populer, ideologi ini cukup mewarnai dunia pendidikan sekarang, dengan wujud gagasannya deschooling society atau masyarakat tanpa sekolah. Bagi aliran ini, pendidikan tidak sama dengan sekolah. Dan sekolah saat ini dinilai telah menjadi institusi yang mengekang, seperti dalam kasus UNdi Indonesia. Selain mengemukakan asal usul dan tokoh anarkisme, artikel ini juga membahas corak serta “aplikasi”-nya di dalam kurikulum dan pengajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 6